Perawatan Aglonema Agar Tumbuh Subur dan Indah

Aglonema banyak diminati karena keindahan corak daunnya, sehingga para penghobi tanaman hias banyak yang mengkoleksi tanaman ini untuk memperindah perkarangan rumahnya. Daya tarik Aglonema terletak pada bentuk dan corak daun yang indah sedap dipandang mata, untuk itu perlu perawatan yang baik dan rutin untuk mendapatkan Aglonema yang menawan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat Aglonema yang indah:

1. Media Tanam
Media tanam Aglonema adalah faktor terpenting dalam mendapatkan aglonema yang sehat dan indah. Media tanam harus poros. Media tanam terbaik adalah campuran dari sekam mentah, sekam bakar, dan pupuk kambing (yang telah di fermentasi) dengan perbandingan 1 : 2 : 1.

Atau media tanam alternatif lainya:
a. tanah : kompos : pasir ( 2 : 2 : 1 )
b. media fermentasi dari sekam, daun bambu, sekam bakar, dan kotoran kambing. yang telah difermentasi selama 1 bulan menggunakan EM4.

2. Penyiraman
Aglonema adalah jenis tanaman hias yang menyukai air namun jangan berlebihan dan menggenang dalam pot. Cukup siram 2 sampai 3 hari sekali.
Air yang digunakan adalah air tanah (air sumur/bor). Sebisa mungkin hindari penggunaan air PDAM, karena dapat mengurangi kecerahan pada daun aglonema.

3. Pemupukan
Pemupukan untuk disiramkan pada media menggunakan NPK dengan dosis 1 sendok makan untuk 5 liter air dan dapat disiramkan ke beberapa tanaman 1 bulan sekali. atau lebih gampang menggunakan pupuk Dekastar setiap 3 bulan sekali karena sifat pupuk yang lambat terurai, sehingga lebih aman untuk tanaman.
Pemupukan daun dilakukan dengan penyemprotan menggunakan Gandasil D atau Gromore setiap 2 minggu atau 1 bulan sekali.

4. Letak Tanaman
Letakkan tanaman Aglonema pada tempat yang teduh namun cukup cahaya matahari.

5. Perawatan Daun
Lap daun dengan kapas/tisu untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel.
Selanjutnya oles daun dengan susu murni menggunakan tisu hingga merata.
Atau dapat juga menggunakan sisa ampas kelapa yang dimasukkan kedalam kain yang lembut, kemudian secara lembut oleskan pada permukaan daun hinggap berkilap.

6. Pengendalian Hama
Hama yang biasa menyerang Aglonema adalah jenis kutu. untuk mengatasinya bisa menggunakan insektisida dan serangan jamur menggunakan fungisida.

No comments: