Agar Bunga Bougenville (Bunga Kertas) Rajin Berbunga

Bunga bougenville dalam pot banyak dijual oleh para pedagang bunga, Tanaman ini umumnya sangat menarik penampilannya, karena kebanyakan penuh bunga yang bermacam-macam warnanya. Namun bagaimana setelah dibeli dan dibawa ke rumah? Bunga Merana dan tak mengeluarkan banyak bunga


Tidak jarang memang, ibu-ibu yang mengaku membeli bougenville dalam pot kemudian mengeluh. Tanamannya tidak mau berbunga lagi. Sebenarnya ini bukan salah para pedagangnya. Hanya mungkin ibu-ibu itu pada waktu membelinya dulu lupa menanyakan bagaimana cara merawatnya agar tanaman ini tetap rajin berbunga seperti pada waktu dibeli.

Sebenarnya bugenvil termasuk tanaman yang gampang berbunga, baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Hanya kalau di dataran tinggi, seperti di daerah Puncak, warna bunga tampak lebih cemerlang. Untuk itu alangkah baiknya kalau Anda simak pengalaman berikut.

Perlu Masa Kering
Tanaman bougenville menghendaki sinar matahari penuh, paling sedikit 70 persen. Namun yang lebih penting untuk merangsang bunganya adalah adanya masa kering. Sebab dalam keadaan kering, tanaman akan dirangsang pertumbuhan generatifnya, yaitu pembentukan bunga dan biji, sehingga kalau mati sudah ada calon keturunan dari bijinya yang meneruskan jenisnya.

Jika pembentukan bunga yang kita inginkan jatuh pada musim hujan, maka untuk membuat masa kering tanamannya harus kita letakkan di rumah kaca atau tempat lain yang tidak kena guyuran air hujan, tetapi tetap memperoleh sinar matahari penuh. Perlakuan masa kering ini paling sedikit berlangsung selama empat hari. Selama itu bougenville dalam pot tidak boleh disiram, sampai daunnya menguning dan rontok. Baru setelah itulah penyiraman dilakukan, tetapi airnya tidak boleh sebanyak seperti pada saat penyiraman normal. Cukup separuhnya saja. Penyiraman dengan jumlah minim ini dilakukan sampai tanaman memunculkan kuncup bunga. Kalau sebelum itu sudah keburu disiram secara normal, tanaman justru akan mengadakan pertumbuhan vegetatif, sehingga kuncup daun yang dibentuknya, bukan kuncup bunga. Namun ada syarat yang harus diingat. Perlakuan masa kering ini hanya boleh dilakukan jika tanaman sudah mempunyai akar yang kuat.

Unsur hara yang paling dibutuhkan untuk merangsang pembungaan bougenville adalah P dan Mg. Unsur P dapat kita peroleh dari pupuk TSP atau NPK, sedang Mg dari dolomite. Pemupukan dilakukan menjelang perlakuan masa kering. Media tanam untuk bugenvil, sebaiknya tidak terlalu sarang. Campuran antara tanah merah, pupuk kandang dan humus sangat baik untuk bougenville, dengan perbandingan 3:2:1. Bahan humus yang terbaik, berdasarkan pengalaman adalah humus kaliandra, karena kandungan unsur haranya cukup tinggi.