CARA MENYAMBUNG BUNGA ADENIUM DENGAN MUDAH

Bunga Adenium atau biasa disebut Bunga Kamboja Jepang memang memiliki berbagai variasi yaitu bentuk, sosok daun, bunga, serta percabangan yang amat variatif. Keragaman varitas ini, membuat adenium semakin menawan dan bernilai ekonomi relatif tinggi. Anda juga bisa mempercantik  bunga adenium dengan cara disambung. Bahkan, satu tanaman bunga adenium bisa dikombinasikan dengan lebih dari lima varietas.

Bila Anda ingin memperbanyak masing-masing jenis, caranya mudah. Semaikan kamboja lokal sebagai batang bawah. Setelah itu Anda bisa mengikuti 8 tahap penyambungan Adenium sebagai berikut:

1. Siapkan batang bawah dari anakkan berumur 3-4 bulan, setinggi 15-20, dan diameter batang sekitar 1-1,5 cm.

2. Siapkan aneka jenis entres (batang atas) yang ukurannya lebih kecil 2-3 mm dari batang bawah,

3. Potong batang bagian bawah 3-5 cm di atas leher bonggol dengan pisau tajam dan steril.

4. Iris edua sisi pangkal entres, dengan lebar sayatan 1-1,5 cm, kemudian potong entres sepanjang 3 cm,

5. Iris batang bawah untuk membuat celah berbentuk V sepanjang 1-1,5 cm. Pastikan celah itu pas untuk memasukkan entres,

6. Selipkan entres pada batang bawah, kemudian tekan sedikit agar sambungan menjadi rapat.

7. balut dengan plastik es selebar 2 cm. Putar 3 kali dengan erat dan simpul. Satu sisi pembalut dipotong pendek agar mudah lepas sewaktu ditarik.

8. Dan yang terakhir, tutup dengan plastik es untuk mencegah sambungan terkena air. Agar lebih kuat, ikat dengan kawat dari label tanaman.

Setelah penyambungan selesai, lakukan penyiraman secukupnya. Setelah 1 bulan entres telah tersambung, plastik bisa dibuka. Dengan menyambung, tanaman akan berbunga pada bulan ke 4-6. Cara tersebut lebih cepat dibandingkan perbanyakan dari biji yang berbunga setelah bulan ke 8-9.

SUMBER: Kebunbibit.id

No comments: