CARA MEMBUAT TANAMAN BUAH MENJADI TANAMAN PENGHIAS YANG CANTIK

Menanam buah seringkali dianggap merepotkan dan membutuhkan lahan yang besar. Belum lagi tanaman buah sangat rawan terhadap serangan ulat dan juga mudah mati. Akan tetapi jika Anda berhasil merawatnya hingga berbuah, pasti sangat menyenangkan melihat buah yang ranum bergelantungan di dahan pohon. Selain itu pohon yang berbuah dapat juga digunakan sebagai tanaman hias di halaman Anda.
Jika Anda ingin menanam berbagai jenis tanaman buah tetapi tidak memiliki lahan yang cukup luas, Anda bisa memanfatkaan teknik penanaman tabulampot (tanaman buah dalam pot). Teknik penanaman pohon buah dalam pot selain berfungsi menahan pertumbuhan akarnya agar tidak terlalu besar, ternyata juga membuat bentuk pohon tersebut menjadi unik sehingga cocok untuk dijadikan tanaman hias. Tips berikut ini bisa Anda lakukan untuk membudidayakan tabulampot yang subur dan berbuah lebat:

Sediakan pot yang sesuai
Pot untuk tanaman hias memiliki jenis yang beragam. Pot dari bahan kayu sangat unik dan enak dipandang, namun Anda sebaiknya memilih pot kayu yang rot-resistant untuk menghindari kayu yang lapuk. Anda juga bisa memilih pot yang terbuat dari tanah liat atau plastik. Pot apapun yang Anda pilih pastikan sesuai dengan ukuran tanaman hias Anda dan juga memiliki lubang drainase yang memadai di bagian bawah.

Tutup pot dengan plastik
Pada awal penanaman dan setelah memberikan pupuk pada bibit pohon buah, diperlukan waktu 14 hari untuk mengistirahatkan bibit tersebut. Tutuplah seluruh bagian pot dengan plastik transparan untuk menghindari terpaan sinar matahari dan air hujan. Pengistirahatan ini membuat kandungan nutrisi dalam pupuk meresap sempurna dalam tanah dan bisa diserap dengan baik oleh tanaman.

Penyiraman teratur
Siram tanaman buah dalam pot Anda secara teratur. Namun hindari terlalu banyak penyiraman pada bagian daun karena dapat membuatnya busuk. Penyiraman yang paling baik dilakukan adalah pada tanah dan akar tanaman. Pastikan Anda tidak terlalu banyak memberikan air dan jangan biarkan air menggenang dalam pot karena dapat merusak akar.

Pemangkasan rutin
Jika ada daun atau ranting yang kering pada tanaman hias Anda, segera pangkas. Pangkas juga dahan yang terlalu rimbun karena terlalu banyak daun akan mengurangi kemungkinan berbuahnya.

Perhatikan sinar matahari
Beberapa tanaman buah membutuhkan sinar matahari langsung, misalnya mangga, sirsak, kelengkeng, dan ceri. Akan tetapi pohon buah manggis dan belimbing sebaiknya letakkan di tempat yang cukup teduh dan terlindung dari sinar matahari.

Pemupukan yang seimbang
Pupuk organik adalah yang terbaik untuk tanaman hias Anda. Lakukan pemupukan setiap dua minggu sekali. Jika ingin menggunakan pupuk kimia, berikan empat bulan sekali dalam jumlah yang cukup. Pupuk kimia yang terlalu banyak justru akan membunuh bakteri alami yang ada dalam tanah.



Hampir semua jenis buah bisa Anda tanam dalam pot. Akan tetapi sebagai tanaman hias, pilihlah buah berwarna yang cerah agar sedap dipandang mata. Anda bisa menanam apel, jeruk, belimbing, buah naga, jambu dan rambutan. Jika pohon tersebut berbuah, halaman rumah Anda tentu menjadi semarak. Selamat mencoba!