Agar Euphorbia Rajin Berbunga

Euphorbia merupakan tanaman hias yang harganya terjangkau dan mampu memberikan tampilan yang sangat baik. Dari struktur batangnya yang berduri hingga bungganya yang berwarna-warni selalu memberikan kesar yang indah. Namun, bagaimana jika tanaman hias Euphorbia yang kita rawat susah untuk berbunga, namun mempunyai daun yang ribun, tentu saja tampilannya kurang maksimal. Berikut ini ada beberapa tips agar tanaman hias Euphorbia tersebut menjadi berbunga.


  • Perhatikan kondisi kelembaban media tanaman. Tanaman hias Euphorbia merupakan tanaman hias jenis gurun sehingga tidak menyukai kondisi media yang terlalu basah. Kondisi media yang terlalu basah, akan merangsang tanaman untuk memproduksi daun agar terjadi proses fotosintesis yang berimbang, Sehingga tanaman terlihat rimbun. Proses pembungaan akan dilakukan  tanaman hias Euphorbia jika terjadi keadaan yang secara nutrisi tidak berlebih dan kondisi kandungan air pada media sedikit sehingga tanaman mengalihkan produksi daun ke produksi bakal bunga, hal ini dapat dipahami yaitu jika suatu saat indukan tanaman mati maka mereka telah menghasilkan bibitan baru  dari buah yang dihasilkan kembang Euphorbia.
  • Lakukan pemotongan Euphorbia hingga disisakan daun secukupnya saja. Biarkan beberapa hari media tanaman tanpa penyiraman, hal ini dimaksudkan agar perangsangan tumbuhnya tanaman ke arah pembungaan. Pastikan posisi tanaman pada tempat yang terkena matahari langsung minimal tujuh jam agar proses pembungaan maksimal.
  • Ganti media tanam yang lebih banyak menghasilkan porositas misalnya: campuran sekam dan pasir malang dengan perbandingan 1:1. Media tersebut sangat baik untuk mengalirkan kondisi air yang berlebih.
  • Pemupukan dengan pupuk perangsang pembungaan. Saya tidak akan jelaskan lagi unsur-unsurnya, silahkan lihat artikel tentang pupuk tanaman disini.
Selain cara-cara diatas, yang perlu diperhatikan adalah sirkulasi  udara pada tempat penempatan tanaman, karena sirkulasi udara yang rendah akan mengkondisikan area menjadi lembab.

No comments: